Beranda | Artikel
Hasad, Si Sumber Penyakit (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)
Sabtu, 14 Februari 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Ahmad Zainuddin

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Mengapa bisa dikatakan penting? Maka silakan simak penuturan ilmiah dalam ceramah berikut yang rekamannya dapat Anda download atau play untuk didengarkan langsung.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hasad, Si Sumber Penyakit

Kita sekarang membicarakan sebuah permasalahan dari amalan hati. Ketika kita sudah mengenal permasalahan hati dibandingkan amalah lahiriyah, maka kita akan membicarakan salah satu yang berkaitan dengan permasalahan hati. Salah satu dosa yang berkaitan dengan hati. Dosa yang kata Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullahu Ta’ala, “Hasad itu di seluruh makhluk ada. Orang yang berakal, yang baik, dia akan menyembunyikannya. Dan bagi orang yang buruk, maka dia akan memperlihatkannya.” Jadi hasad, semua manusia mempunyai bagian dari hasad. Yang baik, yang shalih, yang beriman kepada Allah, yang hatinya bersih, maka dia akan menyembunyikannya. Yang baik, yang buruk, yang congkak, yang sombong, dia akan memperlihatkannya.

Pertama, Dosa Hasad adalah Dosa yang Pertama Kali Dibuat di Langit

Dosa hasad, dosa yang dibuat pertama kali di langit, yaitu yang dilakukan oleh iblis yang hasad terhadap Adam ‘elaihis salam.

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلآئِكَةِ اسْجُدُواْ لآدَمَ فَسَجَدُواْ إَلاَّ إِبْلِيسَ قَالَ أَأَسْجُدُ لِمَنْ خَلَقْتَ طِيناً. قَالَ أَرَأَيْتَكَ هَـذَا الَّذِي كَرَّمْتَ عَلَيَّ لَئِنْ أَخَّرْتَنِ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ لأَحْتَنِكَنَّ ذُرِّيَّتَهُ إَلاَّ قَلِيلاً (الإسراء: ٦١:-٦٢)

“Dan (ingatlah), tatkala Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” lalu mereka sujud kecuali iblis. Dia berkata, “Apakah aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?” Dia (iblis) berkata, “Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan aku sesatkan keturunannya, kecuali sebagian kecil.”” (QS Al-Isra [17]: 61-62)

Kedua, Dosa Hasad adalah Dosa yang Pertama Kali Dibuat di Dunia

Hasad adalah dosa pertama di bumi yang dilakukan oleh anak Adam, Qabil yang membunuh Habil.

وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ ابْنَيْ آدَمَ بِالْحَقِّ إِذْ قَرَّبَا قُرْبَاناً فَتُقُبِّلَ مِن أَحَدِهِمَا وَلَمْ يُتَقَبَّلْ مِنَ الآخَرِ قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ قَالَ إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ. لَئِن بَسَطتَ إِلَيَّ يَدَكَ لِتَقْتُلَنِي مَا أَنَاْ بِبَاسِطٍ يَدِيَ إِلَيْكَ لَأَقْتُلَكَ إِنِّي أَخَافُ اللّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ. إِنِّي أُرِيدُ أَن تَبُوءَ بِإِثْمِي وَإِثْمِكَ فَتَكُونَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ وَذَلِكَ جَزَاء الظَّالِمِينَ. فَطَوَّعَتْ لَهُ نَفْسُهُ قَتْلَ أَخِيهِ فَقَتَلَهُ فَأَصْبَحَ مِنَ الْخَاسِرِينَ. (المائدة/ ٢٧-٣٠)

Dosa hasad ternyata selain menjadi dosa pertama di langit, juga menjadi dosa pertama di bumi. Mari simak ceramah agama Islam tentang hasad dan bahaya hasad bagi diri-diri yang beriman kepada Allah dan hari akhir, sekaligus bagaimana cara menghilangkan penyakit hati yang satu ini.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Hasad, Si Sumber Penyakit

Share ceramah penuh manfaat ini ya ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga menjadi penambah pahala bagi kita yang menyebarkan kebaikan ini, Aamiin.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13441-hasad-si-sumber-penyakit-ustadz-ahmad-zainuddin-lc/